5 Tempat Terbaik untuk Memancing di Indonesia

Indonesia Kita
Indonesia Kita
Akun Selasar yang fokus membahas seluk-beluk ke-Indonesia-an
Ikuti
Ilustrasi Memancing (visitmysmokies.com)

Indonesia, sebagai negara kepulauan, memiliki banyak pulau yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara. Tak heran, Indonesia memiliki banyak tempat-tempat yang dapat dituju untuk melakukan kegiatan memancing. Januari lalu, laman AsiaOne Travel telah melansir tempat-tempat terbaik untuk memancing di negara ini. Ingin tahu di mana sajakah itu? Berikut adalah lima tempat terbaik untuk memancing di Indonesia:

 

1. Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh (triptrus.com)

Selain terkenal sebagai tempat untuk kegiatan menyelam, Pulau Weh, yang berada di Aceh, juga terkenal di kalangan para pemancing. Pulau ini mudah diakses dari Banda Aceh, membutuhkan waktu sekitar satu jam dengan menggunakan perahu. Tidak ada lokasi tertentu untuk memancing karena di sini terdapat banyak sekali berbagai jenis ikan. Untuk mendukung kegiatan ini, Pulau Weh menyediakan fasilitas bervariasi yang dapat disesuaikan dengan anggaran bepergian para pengunjungnya.

 

2. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu (wijayatama.co.id)

Walaupun bernama Kepulauan Seribu, tempat ini tidak memiliki persis seribu pulau. Akan tetapi, tempat ini menyediakan banyak lokasi untuk melakukan kegiatan memancing. Pulau yang direkomendasikan mencakup  Pulau Macan, Pulau Bokor, dan Pulau Pari. Di pulau-pulau ini, tersedia banyak perahu sewaan yang dilengkapi oleh sistem Fish Finders Navigation untuk memudahkan para pemancing.

 

3. Pulau Alor

Pulau Alor (beritamancing.com)

Pulau Alor terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Untuk mencapai tempat ini, dapat menggunakan pesawat carteran dari Kupang atau menggunakan perahu. Gelombang di tempat ini termasuk tinggi, sehingga disarankan untuk didampingi pemandu lokal atau agen perjalanan yang menawarkan wisata memancing. Namun, tempat ini memiliki kedalaman laut sekitar 3.000 meter, sehingga mudah mendapatkan ikan yang lebih besar bila dibandingkan di tempat lain.

 

4. Pulau Bulu Poloe, Sulawesi Selatan

Pulau Bulu Poloe (davidpaiba.blogspot.com)

Pulau Bulu Poloe terletak di bagian timur Indonesia, yaitu Sulawesi Selatan. Pulau ini dapat dicapai dengan cara yang terbilang tidak mudah. Pengunjung harus menghabiskan waktu sekitar delapan sampai sepuluh jam dari Makassar ke Malili di Luwu Timur, kemudian menghabiskan sekitar satu jam untuk mencapai pulau ini dengan perahu. Lalu, pengunjung harus mempersiapkan makanan dan tenda karena di sini belum terdapat fasilitas dan listrik. Akan tetapi, perjalanan ke pulau ini tidak dapat dilewatkan oleh para pemancing.

 

5. Kepulauan Biak, Papua

Kepulauan Biak (isnan-wijarno.com)

Memiliki air jernih dan pantai berpasir putih, Kepulauan Biak sudah terkenal di kalangan para wisatawan. Namun, tempat ini ternyata juga menjadi rekomendasi bagi para pemancing. Pasalnya, tempat ini memiliki laut yang tenang dan sudah terbukti sering dijadikan lokasi memancing.

 

Amadea Dwi Pradhipta


Komentar

Unknown user

Anda harus login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.