Apa Itu Gulen Movement?

Konsepsiana
Konsepsiana
Akun Selasar.com yang membahas konsep-konsep dengan sederhana
Ikuti
Fethullah Gulen via philly.com

Gulen Movement (Gerakan Gulen) pada awalnya adalah jamaah sufi yang didirikan oleh Fethullah Gülen pada 1970-an di Kota Izmir, Turki. Jamaah yang juga dikenal sebagai Gerakan Hizmet ini kemudian segera menjadi sebuah gerakan besar. Para jamaah menganut ajaran Islam moderat sebagaimana disampaikan Gulen. Baik dalam bentuk ceramah maupun tulisan di berbagai media, termasuk buku-buku yang ditulisnya yang jumlahnya puluhan.  

Menurut Ikhwanul Kiram Mashuri dari Republika, kegiatan Gulen Movement pun mencakup banyak hal. Dari pendidikan, ekonomi, media, kesehatan, kebudayaan, hingga bantuan kemanusiaan dan bidang sosial lainnya. Hizmet kini mengelola lebih dari 1.500 lembaga pendidikan di berbagai tingkatan dan 15 universitas yang tersebar di berbagai negara. Dalam bidang media, mereka mempunyai kantor berita Jehan, enam stasiun televisi, tiga stasiun radio, dan grup media cetak Zaman yang menerbitkan koran Zaman yang berbahasa Turki dan Today Zaman yang berbahasa Inggris. 

Di bidang ekonomi, Gulen Movement mengelola Bank Asia. Sedangkan, para pengusahanya tergabung dalam sebuah organisasi yang bernama Tuskon. Para pengikut Gulen kini berjumlah jutaan orang dari berbagai profesi, dari guru, dosen, dokter, pengusaha, polisi, tentara, intelijen negara, hakim, pengacara, pegawai negeri dan swasta, hingga wartawan dan lainnya. 

Pada 1999, Fethullah Gulen mengasingkan diri ke Amerika Serikat. Ulama berusia 70-an tahun ini kemudian tinggal di daerah pegunungan di Pennsylvania, AS. Dari tempat peristirahatannya inilah ia mengendalikan semua kegiatannya. 

Gulen Movement memiliki peran signifikan dalam memenangkan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) dalam pemilu Turki pada 2002. Kemenangan hingga dua per tiga kursi parlemen ini memungkinkan AKP untuk membentuk pemerintahan sendiri dan sekaligus mengantarkan Erdogan menjadi Perdana Meneri Turki pada 2003. 

 

Zulfian Prasetyo


Komentar

Unknown user

Anda harus login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.