Inilah 5 Fakta Unik dari Thailand

Dunia Kita
Dunia Kita
Akun Selasar yang fokus membahas seluk-beluk Dunia Kita
Ikuti
Thailand via asiawebdirect.com

Apa yang ada di pikiranmu bila disebutkan kata “Thailand”? Unjuk rasa sebagai gambaran gejolak sosial? Film-film horor yang menyeramkan? Iklan-iklan yang kreatif dan seringkali menyentuh hati? Atau jangan-jangan keberadaan lady boy di sana?

Faktanya, ada lebih banyak hal unik yang dapat kita jumpai di Thailand. Mau tahu apa sajakah fakta-fakta unik tersebut? Inilah 5 fakta unik dari Thailand!

 

1. Bahasa dan Buddhisme

 Buddhisme di Thailand (dw.com)

Nama Thailand dalam bahasa Thai adalah Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Thailand adalah salah satu negara di Asia dan satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah.

Bahasa nasional Thailand adalah bahasa Thai. Seperti bahasa Lao, Vietnam, dan Cina, bahasa Thai adalah bahasa yang menggunakan gaya suara. Alfabetnya terdiri dari 32 huruf vokal dan 44 konsonan.

Dikutip dari Deutsche Welle, Buddhisme adalah agama terbesar di Thailand dengan 94,6% penduduk memeluk agama tersebut. Pemeluk Islam berjumlah 4,6%, Kristen 0,7%, sementara agama lainnya 0,1%.

 

2. Bendera Thailand

 Bendera Thailand (dw.com)

Bendera Thailand diperkenalkan pada tahun 1917 oleh Raja Vajiravudh. Dua bilah garis merah horisontal melambangkan tanah dan penduduknya. Garis putih horisontal melambangkan kesucian Buddhisme. Pita biru yang lebar menyilang di tengah menyimbolkan monarki.

Bendera Thailand berkibar setiap hari antara 08:00 dan 18:00.

 

3. Prostitusi Halal

 Prostitusi di Thailand (cloundfront.net)

Prostitusi dilegalkan di Thailand. Tidak ada angka pasti mengenai jumlah pekerja seks di negara ini, diperkirakan lebih dari 1 juta. Satu sisi gelap lain Thailand, negara ini mencatat rekor perdagangan seks anak terburuk di dunia.

Baca: Meninggal Dunia, Inilah 5 Warisan Fakta dari Raja Bhumibol Adulyadej

 

4. Kota dengan Nama Terpanjang

 Bangkok (bangkok.peninsula.com)

Bangkok sepertinya merupakan kota dengan nama lengkap terpanjang di dunia. Mau tahu namanya? Ini dia.

Krung-dēvamahānagara amararatanakosindra mahindrayudhyā mahātilakabhava navaratanarājadhānī purīrāmasya utamarājanivēsana mahāsthāna amaravimāna avatārasthitya shakrasdattiya vishnukarmaprasiddhi.

Apa arti dari namanya? "Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu".

 

5. Kehidupan Gajah di Negeri Gajah

 Gajah (dw.com)

Seabad yang lalu, tercatat lebih dari 100.000 gajah hidup di Thailand. Dari jumlah tersebut, 20.000 ekor di antaranya hidup di alam liar. Sekarang, jumlahnya menurun drastis hingga tinggal sekitar 5.000 ekor. Kurang dari setengahnya masih hidup liar.

 

Zulfian Prasetyo


Komentar

Unknown user

Anda harus login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.