Siapa Itu Pemuda?

Konsepsiana
Konsepsiana
Akun Selasar.com yang membahas konsep-konsep dengan sederhana
Ikuti
Pawai Sumpah Pemuda di Malioboro via twicsy.com

Setiap 28 Oktober, Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Lepas dari kontroversi seputar sejarahnya, peringatan Sumpah Pemuda kerap dijadikan momentum oleh berbagai pihak untuk menyorot kembali peran pemuda dalam proses pembangunan Indonesia. Meski kerap muncul dalam perbincangan publik, tahukah Anda definisi dari “pemuda” itu sendiri?

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mendefinisikan pemuda sebagai “…a period of transition from the dependence of childhood to adulthood’s independence and awareness of our interdependence as members of a community…”.

Dalam pengertian ini, yang disebut sebagai "pemuda" adalah mereka yang sedang menjalani transisi dari masa kanak-kanak menuju periode ketika mereka dituntut untuk menjadi lebih mandiri dan independen. Pada periode tersebut, mereka juga diharapkan untuk memiliki kepekaan sebagai bagian dari masyarakat tempatnya beraktivitas. Secara usia, UNESCO juga membatasi mereka yang dapat disebut sebagai pemuda adalah mereka yang berusia antara 15-24 tahun.

Jika UNESCO menetapkan usia pemuda adalah 15-24 tahun, bagi The African Youth Charter, pemuda adalah mereka yang berusia antara 15-35 tahun. Batasan ini disesuaikan dengan konteks Afrika serta realitas pembangunan di benua itu.

Bagaimana di tanah air kita sendiri? Merujuk pada Undang-Undang 40/2009 tentang Kepemudaaan, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16-30 tahun. Secara usia, batas atas usia pemuda di Indonesia bisa dibilang merupakan median antara batasan UNESCO dan The African Youth Charter.

Definisi kualitatif pemuda yang tercantum di Undang-Undang 40/2009 juga sejalan dengan definisi UNESCO. Undang-undang kita menggunakan frase “periode penting pertumbuhan”, sementara UNESCO mengelaborasinya dengan lebih detil, dalam periode tersebutlah terjadi transisi dari individu yang dependen mejadi independen.

Meskipun definisi-definisi tersebut memberikan batasan usia yang teknis, tentu tidak mengapa jika Anda mempercayai sebuah kutipan lama bahwa “Age is just number”. Dengan usia di atas 30 pun, Anda bisa terus memiliki semangat pemuda.

Selamat Hari Sumpah Pemuda! 

Haryo Wisanggeni


Komentar

Unknown user

Anda harus login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.